International

Wanita Palestina Menjadi Tulang Punggung

0 26

KONDISI WARGA Para Wanita Gaza Menjadi Tulang Punggung Keluarga Akibat Perang dan Blokade Gaza.
Perang yang terjadi pada musim panas tahun lalu dan berlangsung selama 51 hari menambah jumlah pengangguran sekitar 200 ribu orang, yang harus menafkahi sekitar 900 ribu orang di Gaza.

Serikat pekerja di Gaza menyebutkan, perang dan kehancuran besar di Gaza menimpa sektor industri dan perdagangan yang menambah jumlah pengangguran sekitar 30 ribu pekerja. Di samping 170 ribu pegawai yang kehilangan pekerjaan sebelumnya akibat blokade Israel selama rentang 8 tahun berjalan.

Wanita jadi tulang punggung keluarga. Menurut Pakar Ekonomi Universitas Al-Azhar di Gaza, Muin Rajab, dampak blokade mendorong para wanita di Gaza untuk bekerja.

Kepada Harian Anadholu, Rajab mengatakan “Di tengah pengangguran yang menimpa ribuan warga Palestina, dan tak adanya pemasukan bagi keluarga, banyak dari wanita Gaza yang mencari pekerjaan dan menjadi tulang punggung keluarga. Di sektor usaha kecil, banyak para wanita yang terjun bekerja untuk menghidupi keluarga mereka, dan menghindari kemiskinan dan penangguran“.

Menurut catatan statistik Palestina, pada awal Mei ini tingkat penangguran di Gaza mencapai 43 %. Sementara angka kemiskinan mencapai 38,8 %. Dan di antara 10 keluarga Palestina satu di antaranya dihidupi oleh seorang wanita. Data tahun 2013 mencatat 10,1 % keluarga Palestina yang menjadi tulang punggung adalah wanita. Jumlah itu tercatat 11,1 % di Tepi Barat, dan 8,1 % di Gaza.

Sumber

About the author / 

Adara Relief International

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office:

Gedung Orange
Jl. Loka Indah 1, Mampang - Jakarta Selatan
0812 1347 6745 (Ibu Nurul)

Close