166480f7-e9c8-4904-ba94-d09e74686a09
International

Gaza dan Jalur Gaza

0 39

Peradaban, negara, dan kekaisaran di timur tengah saling berganti, terkhusus di Palestina. Karena Palestina menjadi tempat transaksi besar dunia masa silam. Palestina menjadi tempat transit kafilah-kafilah dagang masa lampau, dan peradaban sungai niil yang menggambarkan tentang peradaban masa Fir’aun. Kafilah dagang yang berasal dari jazirah arab , romawi, Inggris juga melewati Palestina.

Konvoi ini dan lokasi strategis Palestina juga iklimnya yang bervariasi dan indah telah menyebabkan munculnya sejumlah kota yang masih hingga hari ini. Di antaranya: Al-Quds, Betlehem, Haifa dan Acre, selain Kota Gaza. Kali ini kita akan membahas tentang Gaza, posisi, luas wilayah, jumlah penduduk, nama-nama lain yang terkenal, peradaban yang pernah menguasai Gaza.

Jalur Gaza
Jalur Gaza terletak di sisi selatan dataran pantai Palestina, tepatnya di sepanjang laut Mediterania sebelah barat. Luas wilayah : 360 km2. Israel menjajah Gaza sejak tahun 1967.

Secara demografis, Jalur Gaza dibagi menjadi beberapa wilayah: Jalur Gaza utara, mencakup Jabalia dan Beit Lahia, dan wilayah tengah yang mencakup provinsi Gaza dan Deir al-Balah juga wilayah selatan Khan Younis dan Rafah.

Data kementerian dalam negeri Palestina : jumlah penduduk Jalur Gaza mencapai dua juta jiwa. Artinya kepadatan penduduknya mencapai 4000 jiwa per KM persegi.
Menurut data statistik, angka kelahiran di Jalur Gaza tahun 2015 mencapai 700 ribu jiwa. Terhitung 2000 jiwa lahir setiap harinya.

Gaza

Gaza adalah kota tertua yang dikenal dalam sejarah. Gaza dibangun oleh orang-orang Kan’an yang meninggalinya pada abad ke 15 sebelum masehi. Hal itu karena ia terletak di bagian pantai dan memiliki tanah yang subur. Juga keanekaragaman organisme laut yang dekat dengan pantai mereka, yang menjadikannya kota penting Kan’an masa lampau dan menjadi kota penting bagi Palestina sekarang untuk menangkap ikan.

Gaza memiliki banyak nama orang Kan’an menyebut sebagai Hazati, masa Fir’aun dikenal sebagai Ghazzato, sedangkan Asyur dan Yunani menyebutnya Gazati dan Faza, lalu tentara Salib, orang-orang Ibrani dan Turki menyebutnya Bouazza dan Gaza. Gaza menjadi kota paling terkenal karena keterikatannya pada kabilah-kabilah Arab. Mereka datang dengan membawa barang-barang untuk berniaga, juga untuk beristirahat ketika pergi ke Mesir dan kota-kota Syam.

Gaza terletak di pantai timur Palestina dan di wilayah utara Jalur Gaza. Berjarak 78 Km dari Al Quds dari arah barat daya. Gaza merupakan kota terbesar di Palestina setelah in kota Al Khalil. Dan kota terpadat penduduknya di Jalur Gaza. Sampai tahun 2013 jumlah penduduknya mencapai 700.000 warga yang meninggali 56 Km. kepadatan penduduknya mencapai 12.500 jiwa km. maka Gaza dan Jalur Gaza secara umum termasuk kota terpadat di dunia.

Sumber : mawdoo3.com

About the author / 

Adara Relief International

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment

Head Office:

Gedung Orange
Jl. Loka Indah 1, Mampang - Jakarta Selatan
0812 1347 6745 (Ibu Nurul)

Close