Peristiwa
International

Mengenang Peristiwa Masjid Ibrahimi 25 Tahun Silam

0 22

Adara Relief-Jakarta. Pada 15 Ramadhan patut kita mengenang Pembantaian di Masjid Ibrahimi 25 tahun silam dimana kota Al-khalil dihadapkan dengan peristiwa amat menakutkan. Peristiwa tersebut terjadi saat shalat subuh di masjid Al-Ibrahimi. Setidaknya 29 syahid 150 luka-luka.

Hari jum’at tahun 1994, teroris Baruch Goldstein, tentara Israel dan orang-orang Israel yang menduduki ‘Kiryat Arba’ membantai warga yang shalat di masjid. Goldstein melempas tembakan kepada para jamaah. Aksinya terhenti setelah para jamaah yang selamat menyerangnya kembali dan berhasil membunuhnya di tempat.

Tentara Israel menutup pintu masjid agar para jamaah tidak dapat kabur dari masjid. Mereka juga menghalangi orang-orang dari luar yang ingin membantu korban luka-luka. Bahkan saat warga Palestina berada di luar masjid mengiring jenazah Israel menembaki mereka. 50 orang syahid, 29 di antaranya syahid di dalam masjid.

Peristiwa 2

Pembantain belum berakhir. Di hari yang sama kondisi Al-Khalil amat mencekam. Perseturuan meningkat, 60 warga Palestina syahid.

Setelah pembantaian ini, tentara Israel menutup masjid Ibrahimi dan Kota Tua selama 6 bulan, dengan dalih mengungkap kasus pembantaian tersebut. Mereka membentuk Komite Shamgar untuk mengusut kasus ini. Lalu secara sepihak memberlakukan pembagian terhadap masjid Ibrahimi. Membentuk satuan khusus yang mempersulit akses kaum muslimin ke masjid. Bahkan 60 % bagian masjid menjadi korban Yahudisasi.

Peristiwa1

Teroris Baruch Goldstein, pria berusia 42 tahun ini tergabung dalam partai Kakh. Ia datang dari USA tahun 1980, lalu tinggal di ‘Kiryat Arba’ di kota Al Khalil.

Sumber : ForAqsa.com

About the author / 

Adara Relief International

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment

Head Office:

Gedung Orange
Jl. Loka Indah 1, Mampang - Jakarta Selatan
0812 1347 6745 (Ibu Nurul)

Close