QURBAN BEKAH PALESTINA
Konsultasi

HUKUM BERQURBAN

0 186

HUKUM BERQURBAN
By : Eva Ummu Yumna

Ustdzah mau tanya hukum Qurban… Bagaimna jika ada kasus dia punya tabungan 5 juta..Qurban kan cm 3 jt apakah dia tetap harus berqurban atau tidak? Atau jika ada uang 10 juta tapi istri 2 bulan berikutnya akan lahiran butuh biaya buat lahiran nya dan aqiqah nya apakah tetap disyariatkan berqurban? Karena ada sebuah hadits berbunyi:
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – “مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ, فَلَا يَقْرَبَنَّ مُصَلَّانَا” – رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَابْنُ مَاجَه, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang memiliki kemampuan (kelapangan rezeki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”
Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah, Al Hakim menshahihkannya.
Ditunggu ya ustadzah jawabannya.

JAWABAN :
فإن الراجح من أقوال أهل العلم أن الأضحية سنة مؤكدة، وليست بواجبة، وهو قول جمهور الفقهاء
Yang paling kuat pendapat ulama ttg kurban hukumnya adalah sunah muakkadah bukan wajib. Dan ini adalah pendapat mayoritas ulama. Dengan berdalil hadits berikut :
عن أم سلمة – رضي الله عنها – أن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال: «إذا دخلت العشر وأراد أحدكم أن يضحي فلا يمس من شعره وبشره شيئا». رواه مسلم
Dari ummu salamah Ra bahwa Nabi saw bersabda : “jika telah masuk 10 hari dzulhijjah dan salah satu dari kalian berkeinginan untuk berkurban maka hendaknya jgn menyentuh rambut dan kulitnya sedikitpun”. (HR.Muslim)
Hadits tsb menggunakan lafaz “jika berkeinginan” sbg dalil bahwa berqurban bukan lah wajib.

و ذهب أبو حنيفة والأوزاعي إلى أنها واجبة على القادر، ورجَّحه الشيخ ابن عثيمين – رحمه الله
Adapun Imam Abu Hanifah dan Imam alauza’i berpendapat hukumnya wajib bagi y mampu dan pendapat ini dikuatkan juga oleh imam Ibnu ‘utsaimin Ra. Berdalil dg hadits tsb diatas yang artinya :
“Barangsiapa yang memiliki kemampuan (kelapangan rezeki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”

Yang menjadi pertanyaan standar ukuran org disebut mampu seperti apa?

وهذه القدرة ليست محددة بنصاب معين كما هو الشأن في الزكاة، وإنما العبرة بوجود السعة واليسار، بحيث لا يقع المرء في نوع من الضيق والحرج إذا ضحى
Kemampuan ini tdk ditentukan dg nishob tertentu seperti zakat. Tapi dilihat dr kemudahan dan kelapangan dimana jika dia berkurban tdk menimbulkan kesusahan dan kesempitan dlm kebutuhan hidupnya. Wallahua’lam

Have a nice week end….
#HukumQurban
#SemogaBermanfaat

About the author / 

Adara Relief International

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment

Head Office:

Gedung Orange
Jl. Loka Indah 1, Mampang - Jakarta Selatan
0812 1347 6745 (Ibu Nurul)

Close