IMG-20190223-WA0003
Wawasan dan Seni

Pintu Ar Rahmah, Masjid Al Aqsa

0 277

Pintu Ar Rahmah, Masjid Al AqsaPintu Ar Rahmah adalah salah satu pintu dari 15 pintu Masjid Al Aqsa, yaitu pintu kedua di sebelah timur Masjid Al Aqsa. Terdiri dari dua pintu masuk, yang dinamakan dengan ar Rahmah dan at Taubah. Pintu Ar Rahmah berada di selatan dan pintu Ar Taubah berada di utara Masjid Al Aqsa.

Sejarah pembangunan pintu ini kembali pada masa Umawiyyah atau sebelumnya karena ditemukan batu-batu yang sama dengan batu-batu yang digunakan dalam pembangunan Kubah as Silsilah.

Dulu pintu ini terbuka hingga datangnya perang Salib. Tentara salib menjadikan pintu ini sebagai pintu masuk untuk menyerang Masjid Al Aqsa dan Kota Al Quds. Kemudian pintu ini di tutup pada masa Sultan Shalahuddin untuk menjaga Masjid dan Al Quds dari berbagai serangan.

Di dalam pintu ini Shalahuddin menuliskan salah satu potongan ayat Al Qur’an surah Al Hadid ayat 13.
“Pada hari orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang beriman: tunggulah kami! Kami ingin mengambil cahayamu. Kepada mereka dikatakan: Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu). Lalu, di antara mereka dipasang dinding (pemisah) yang berpintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan di luarnya hanya ada azab.”

Adapun orang-orang Yahudi dan Nasrani menyebut pintu ini dengan sebutan Pintu Az Zahabi (emas) dan meyakini bahwa Isa bin Maryam akan datang melewati pintu ini pada akhir zaman.

Kemudian, ketika Israel menjajah Masjid Al Aqsa, menargetkan bagian timur Masjid Al Aqsa dan memfokuskan pada pintu Ar Rahmah sebagai area dasar untuk aktivitas para penyusup dan melakukan ritual mereka. Juga menargetkan pemakaman Ar Rahmah yang didalamnya ada makam Sahabat ra dan para pejuang, yang berbatasan dengan pintu Rahmah dari luar Al Aqsa. Israel juga mencoba mengendalikan bagian-bagian itu dan menutup pintu Rahmah dan memasang titik polisi baru di atas pintu Rahmah.

Sejak tahun 2003, Israel menutup Pintu Rahmah dan hanya membolehkan ektrimis Yahudi yang masuk untuk melakukan ritual. Pintu Ar Rahmah adalah Pintu yang berada di antara pelataran Masjid QubatusSakhrah dan Kota Tua, sehingga Israel terus berusaha menguasai Pintu ini.

Penduduk Silwan juga terus berusaha menghentikan aksi brutal Israel dalam menghancurkan pemakaman Ar Rahmah.

Saat ini, Penduduk Al Quds telah berhasil membuka gembok dan berbondong-bondong masuk ke Masjid Al Aqsa melalui pintu Ar Rahmah setelah 16 tahun di tutup Israel.

Kesucian Masjid Al Aqsa akan terus dijaga dan di pertahankan oleh para murabitah dan murabitah Al Aqsa.

Tim Kajian
Adara Relief International

Sumber: Ensiklopedia Mini Masjid Al Aqsa dan berbagai sumber

About the author / 

Adara Relief International

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment

Head Office:

Gedung Orange
Jl. Loka Indah 1, Mampang - Jakarta Selatan
0812 1347 6745 (Ibu Nurul)

Close